Area 51, Hanggar Penyimpanan UFO

Area 51: Hanggar UFO?

Mesin dan Otomotif
Typography

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Semua pecinta teori UFO pasti pernah mendengar tentang Area 51, sebuah fasilitas hanggar super rahasia di Nevada, Amerika Serikat. Area ini dijaga begitu ketat oleh Angkatan Udara AS (USAF) sehingga pelanggaran dapat berbuah tembak di tempat. Pada tahun 2013, pemerintah AS melepaskan status "rahasia" pada dokumen-dokumen terkait Area 51. Ternyata, memang hanggar misterius di Area 51 menyimpan rahasia yang vital bagi kemenangan AS dalam Perang Dingin melawan Uni Sovyet.

foto satelit Area 51
Pada bulan Oktober 2013, sekitar 60-an dokumen CIA dinyatakan declassified, lepas dari status rahasia, dan langsung diunggah ke internet oleh National Security Archive yang berbasis di George Washington University. Dokumen-dokumen ini menggambarkan upaya rahasia CIA dan USAF, dari awal 1960-an sampai pertengahan 1970-an, untuk menjadikan satu kawasan yang disebut Groom Lake sebagai satu pangkalan uji coba teknologi eksperimental. Kawasan yang kemudian diberi kode Area 51 ini terletak 130 km barat laut Las Vegas, dan secara resmi dinamai Nevada Test and Training Range dan berada di bawah komando Edwards Air Force Base.

Area 51 sebetulnya tidak muncul secara dadakan. Satu dekade sebelumnya, CIA telah membangun sebuah pangkalan uji coba pesawat mata-mata Lockheed U-12 di sana; dengan nama sandi Aquatone. U-12 adalah pesawat mata-mata yang cukup handal, namun memiliki banyak kekurangan ketika berhadapan dengan teknologi anti pesawat mata-mata milik Uni Sovyet. AS membutuhkan pesawat mata-mata yang lebih handal.

Menggandeng perusahaan rekayasa aeronautik SkunkWorks, CIA merancang sejenis pesawat mata-mata yang akan kebal radar--sebuah pesawat "siluman". Keseluruhan proyek ini dibungkus secara ketat bukan hanya karena terobosan teknologi yang akan digunakan, melainkan terutama karena bahan utama untuk membangun badan pesawat--yakni titanium--harus diimpor dari Uni Sovyet. Jika terendus sedikit saja bahwa AS tengah membutuhkan banyak titanium untuk membangun sebuah pesawat mata-mata, Uni Sovyet akan memberlakukan embargo--dan seluruh proyek akan berantakan. Oleh karena itu, CIA lantas merancang sebuah operasi yang disebut Oxcart. Oxcart akan membentengi proses rancang bangun sampai uji coba pesawat siluman ini dari endusan mata-mata Uni Sovyet.

Di bawah sandi Oxcart inilah Area 51 dibangun. Tidak heran bahwa keseluruhan kawasan ini diliputi rahasia. Bahkan CIA berhasil mendapatkan ijin Presiden untuk memberlakukan tembak di tempat bagi semua orang yang masuk ke kawasan ini secara tidak sah. Semua bangunan di Area 51 tidak memiliki jendela untuk menjaga dari pengintipan ataupun fotografi jarak jauh. Semua pegawai pergi dan datang ke sana dengan menumpang pesawat 747 dari Las Vegas melalui terminal khusus, yang dimiliki oleh salah satu kontraktor Departemen Pertahanan.

sr71 blackbird
Pesawat mata-mata siluman yang dibangun dan diuji coba di Area 51 bersandi A-12 dalam bentuk purwarupa, dan secara resmi kemudian bersandi SR-71 Blackbird. Bisa dibilang pesawat ini sama sekali tak diketahui keberadaannya oleh Uni Sovyet sepanjang Perang Dingin. Keberhasilan SR-71 dalam menjalankan operasi mata-mata terhadap pergerakan militer dan perindustrian Uni Sovyet banyak membantu Amerika Serikat memenangkan Perang Dingin.

SR-71 benar-benar sebuah teknologi yang "alien", sebuah pesawat yang dibangun tahun 1960-an dan sampai jauh ke abad ke-21 masih memegang berbagai jenis rekor dalam hal kecepatan dan ketinggian jelajah operasionalnya. SR-71 juga merupakan satu-satunya jenis pesawat mata-mata AS yang tak pernah dapat ditembak jatuh oleh Uni Sovyet. Dan komponen kunci dalam kesuksesan SR-71 adalah keberhasilan CIA dalam menjaga kerahasiaan Area 51.

Dari dokumen yang telah dideklasifikasi itu, kita kini tahu bahwa Area 51 sungguh telah menyimpan Unidentified Flying Object--benda terbang tak dikenal. Tapi bukan karena berasal dari luar angkasa, melainkan karena merupakan sebuah proyek militer super rahasia, yang akan menentukan kemenangan AS dalam Perang Dingin.

 

Referensi:

 

 

Silakan berlangganan pada layanan Newsletter kami, untuk mendapatkan kabar apabila ada artikel baru yang diunggah.

"Sains adalah obat penawar bagi racun takhayul."

Adam Smith