Tiongkok Gelar Kereta Tercepat di Dunia

CRH380A

Mesin dan Otomotif
Typography

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Republik Rakyat Tiongkok dahulu dikenal sebagai "negeri tirai bambu", satu istilah yang menggambarkan negeri ini sebagai tempat yang tertutup dan sangat bernuansa pedesaan. Tentu, nuansa pedesaan nan permai masih terpelihara baik di sebagian besar negeri ini. Namun nuansa padesan ini tidak lagi berarti keterbelakangan. Tiongkok kini telah melakukan lompatan jauh ke depan dalam banyak bidang teknologi. Dan salah satu kebanggan mereka adalah Jalur Kereta Super Cepat yang terbentang di seluruh negeri ini.

Jalur Kereta Super Cepat adalah jejaring jalur kereta yang dirancang khusus untuk ditunggangi oleh kereta berkecepatan di atas 200 km/jam. Jalur ini membentang sepanjang 16.000 km, melayani 28 dari 33 propinsi di Tiongkok. Saat ini, sistem perkeretaapian Tiongkok adalah sistem dengan tingkat pendayagunaan tertinggi di dunia, dan sangat menguntungkan bagi pemerintahnya.

Di atas jalur kereta ini, melajulah kereta-kereta pemecah rekor. Untuk kereta tercepat di dunia, diukur dari kecepatan operasional puncak, Tiongkok memiliki Shanghai Maglev. Kereta yang digerakkan oleh rel bermedan magnet ini dapat mencapai kecepatan 431 km/jam. Tiongkok juga memegang rekor untuk kereta dengan kecepatan rata-rata tertinggi, yakni kereta CRH380A yang melayani rute Beijing-Shanghai dengan kecepatan rata-rata 299 km/jam. Rute yang berjarak 1433 km (lebih panjang dari pulau Jawa ujung ke ujung) inipun dapat dilalap hanya dalam waktu 4 jam 48 menit

Bandingkan dengan sistem perkeretaapian Indonesia yang saat ini hanya dapat melaju maksimal 200 km/jam, dengan kecepatan rata-rata tertinggi hanya 100 km/jam.

Seluruh sistem perkeretaapian Tiongkok dikelola oleh perusahaan negara China Railway Corporation, yang berada di bawah Kementrian Perkeretaapian. Sistem ini dikembangkan pada awalnya lewat kerja sama transfer teknologi dengan perusahaan-perusahaan asing; namun sekarang perusahaan domestik Tiongkok sudah sanggup membuat kereta api super cepat sendiri. CRH380A sebagaimana ditampilkan pada gambar adalah karya dari perancang dan pabrik-pabrik Tiongkok sendiri. Begitu cepat dan nyamannya kereta-kereta super cepat ini, sampai-sampai maskapai penerbangan China Southern Airline telah mengajukan keluhan resmi--karena para penumpang pesawat telah banyak beralih dan menggunakan kereta api.

 

Silakan berlangganan pada layanan Newsletter kami, untuk mendapatkan kabar apabila ada artikel baru yang diunggah.

"Kebanyakan orang mengira bahwa untuk menjadi ilmuwan, kamu harus cerdas. Mereka salah. Yang dibutuhkan adalah karakter yang kuat."

Albert Einstein