Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang

mobil listrik

Keinginan melihat mobil listrik beroperasi di jalan-jalan Indonesia telah muncul dalam dua periode pemerintahan terakhir. Target utama tentu saja untuk memproduksi mobil listrik dan industri pendukungnya seperti baterai ion-litium made-in Indonesia. Pertama kali ide ini dikemukakan oleh Dahlan Iskan, menteri BUMN era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 20121. Tetapi kemudian ide ini tenggelam oleh berbagai isu kontroversial yang menyertainya. Terakhir, Presiden Joko Widodo menyatakan dukungannya terhadap mobil listrik (Kompas2, Republika3, CNN Inodnesia4). Tidak sedikit yang mencibir ide ini dengan berbagai alasan seperti kesinambungan ketersedian baterai ion-lithium sebagai alat penyimpan dan pengubah energi kimia ke energi listrik dan sebaliknya; belum siapnya infrastruktur pengisian ulang baterai; dan masalah pajak impor mobil listrik. Dengan timbul tenggelamnya ide mobil listrik, sangat wajar jika para pemangku kepentingan dalam bidang ini bertanya, apa yang berbeda dalam wacana mobil listrik kali ini, dibandingkan dengan era Dahlan Iskan?

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang

Reaktor Eksperimental di Washington Uni

Banyak orang menolak reaktor nuklir karena takut akan resikonya: kebocoran nuklir dan kesulitan dalam pembuangan limbahnya yang radioaktif. Namun, kebutuhan energi dunia yang makin meningkat tidak akan dapat dipenuhi semata dengan mengandalkan bahan bakar fosil. Untuk itu, sejak 1950-an, para ahli telah berusaha untuk membuat reaktor nuklir yang bersih--dengan resiko radiasi yang sangat kecil, bahkan nyaris tidak ada.

Silakan berlangganan pada layanan Newsletter kami, untuk mendapatkan kabar apabila ada artikel baru yang diunggah.

"Tidak ada hal yang lebih aku yakini ketimbang membuat orang muda berminat akan sains dan permesinan, untuk hari depan yang lebih baik, bagi seluruh umat manusia."

Bill Nye