Status Facebook-mu, Gambaran Jiwamu

Like or dislike?

Psikologi dan Pendidikan
Typography

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Orang-orang yang menulis status Facebook tentang pasangannya atau kehidupan cintanya, sangat mungkin memiliki kepercayaan diri yang rendah; sementara mereka yang membanggakan prestasinya biasanya adalah narsis. Demikian kata para peneliti dari Brunel University, London.

Dalam penelitian yang dilakukan atas 555 orang lewat kuesioner daring, para ilmuwan mengukur Kepribadian 5 Besar: ekstrovert, neurotisme, keterbukaan, mudah bergaul dan kehati-hatian. Studi ini juga mengukur tingkat kepercayaan diri dan narsisisme para responden. Orang yang cenderung rendah diri biasanya lebih sering membuat status mengenai hubungan asmaranya, sementara para narsis lebih sering memamerkan kesuksesan atau prestasinya. Penelitian tersebut juga menemukan bahwa mereka yang berpikiran terbuka biasanya membuat status yang bersifat menantang kecerdasan; dan orang yang ekstrovert, mudah diduga, memamerkan aktivitas sosial mereka.

Dosen Psikologi Dr Tara Marshall menyatakan bahwa hasil ini tidaklah mengejutkan. Namun, status Facebook memiliki sifat istimewa karena interaksi komentar dan "likes" dari orang lain. Menurut Dr Marshall, interaksi ini memberi umpan balik yang dapat memperkuat kecenderungan psikologis seseorang.

Komentar dan "likes" dapat menguatkan perasaan sekelompok (inklusi); merasa mendapat teman yang mendukung pola kepribadiannya. Walau demikian, Dr Marshall menilai bahwa mungkin tidak semua komentar atau "likes" tersebut sungguh-sungguh menunjukkan dukungan, hanya merupakan sikap sopan sekalipun diam-diam tidak menyukai status tersebut.

Penelitian lain, yang dilakukan Centre for Ethics, Law and Mental Health (CELAM), University of Gothenburg, Gothenburg, Sweden di tahun 2013 juga menemukan bahwa kecenderungan psikopat dapat terbaca lewat status Facebook yang nyaris selalu dipenuhi hawa negatif dan kebencian.

Tentu saja para ahli memperingatkan bahwa profil psikologis lengkap hanya dapat dipastikan dalam sebuah diagnosa menyeluruh; status Facebook ini hanya memberi kesempatan mengintip ke dalam jiwa dari para penggunanya.

Jadi, kamu termasuk yang mana?

Referensi:

 

Silakan berlangganan pada layanan Newsletter kami, untuk mendapatkan kabar apabila ada artikel baru yang diunggah.

"Kekerasan adalah garis pertahanan terakhir dari Kebodohan."

Isaac Asimov