Udang Mantis, Udang Terkuat di Dunia

Udang Mantis

Evolusi
Typography

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Sulit dipercaya kalau hewan kecil ini memiliki kecepatan pukulan mencapai 23 m/detik (~82.000 km/jam)! Benar, udang berukuran panjang 10 cm ini memegang banyak rekor dunia untuk soal kekuatan dan kecepatan.

Udang Mantis (Stomatopoda) adalah salah satu ordo dari sub-filum Crustacea (hewan bercangkang) yang beranggotakan sekitar 450 spesies--semuanya pembunuh kelas berat. Udang ini biasanya berukuran panjang sekitar 10 cm, walau ada beberapa spesies yang bisa tumbuh sampai 40-an cm. Senjata utama udang dari ordo udang ini adalah sepasang tombak/gada pada kaki depannya. Kedua senjata ini ditekuk, seperti jurus belalang sembah (mantis), dan diluncurkan dengan akselerasi 10.000 g untuk menghantam mangsanya. (Sebagai perbandingan, akselerasi sebuah pesawat jet adalah 12 g.)

Begitu cepatnya pukulan ini dilancarkan, kekuatan yang dihasilkan melonjak pesat. Kita tahu bahwa Daya (F) adalah fungsi dari massa (m) dikali percepatan (a). Dengan percepatan sebesar 10.000 g, senjata yang kecil itupun menjadi sangat mematikan. Daya pukul yang dihasilkan oleh udang mungil ini mencapai 1500 Newton. Sebagai perbandingan, baja biasa akan patah jika dikenai daya sebesar 500 Newton/cm2.

Akselerasi pukulan ini menghasilkan efek lain, karena dilancarkan di dalam air--yakni efek cavitation. Demikian pukulan ini sampai ke sasaran, sebuah gelembung tenaga tercipta. Gelembung ini memancarkan panas sampai 4000oC--sama panasnya dengan suhu permukaan matahari! Sekalipun hanya berlangsung beberapa mikro-detik, sengatan panas ini cukup untuk menjadi senjata sekunder. Jika, entah bagaimana, mangsa masih bisa bertahan dari pukulan pertama, sengat super panas ini niscaya akan tetap melumpuhkannya.

Para ahli menemukan bahwa rahasia udang mantis terletak pada struktur ototnya yang khas, yang berbentuk spiral. Serat otot ini mampu menahan (dan menyimpan) gaya dalam jumlah teramat besar. Dengan begitu, udang mantis dapat menyimpan tenaga besar dalam ototnya, seperti pegas, lalu meluncurkan tenaga besar itu tanpa cedera.

Saat ini, manusia tengah berusaha meniru struktur otot udang mantis untuk menciptakan bahan tahan ledakan guna menggantikan kevlar, yang saat ini menjadi bahan utama pelindung tempur. University of Calfornia telah berhasil berdasarkan struktur ini. Dalam pengujian termuktakhir, bahan setebal 5 cm telah mampu menahan ledakan ranjau--dan hanya menghasilkan goresan pada permukaan saja. Tidak lama lagi, umat manusia akan memiliki bahan yang lebih kuat dan ringan, serta murah, untuk memproduksi mobil, pesawat, bahkan tank, yang tahan benturan dan ledakan.

Udang mantis telah berkeliaran di atas bumi selama 250 juta tahun. Waktu yang cukup panjang untuk menghasilkan bio-mekanika yang begitu menakjubkan.

 

Referensi:

https://pateklab.biology.duke.edu/mechanics-movement-mantis-shrimp

Silakan berlangganan pada layanan Newsletter kami, untuk mendapatkan kabar apabila ada artikel baru yang diunggah.

"Orang yang sehat tidak perlu khawatir tentang kesehatannya. Demikian pula orang yang baik tidak perlu khawatir tentang keselamatan jiwanya."

J.B.S. Haldane